Selasa, 29 April 2008

JUTAAN WARGA SYIAH MEMPERINGARI PERAYAAN ARBAIN


Karbala: Lebih dari dua juta peziarah Syiah Irak, Kamis (28/2) hari ini berkumpul di Kota Suci Karbala. Mereka memperingati 40 tahun wafatnya cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein, yang dinamakan perayaan Arbain. Ini merupakan puncak peringatan kematian Imam Husein. Warga Syiah berziarah di makam Imam Hussein dan saudara tirinya, Imam Abas.

Banyak peziarah berasal dari Baghdad yang menempuh perjalanan kaki sejauh 80 kilometer menuju Karbala di tengah pengamanan ketat. Sebagai salah satu aksi tanda berduka, para peziarah memukul-mukul tubuh mereka sendiri. Peringatan ini juga diwarnai pembagian makanan dan minuman kepada para peziarah dan fakir miskin.

Pemerintah mengerahkan sejumlah besar polisi untuk berjaga-jaga di Karbala. Sedangkan personil tentara dikerahkan di gurun di sebelah barat Karbala untuk mencegah serangan kelompok militan. Peringatan berjalan aman dan tertib. Imam Hussein merupakan salah satu figur penting bagi muslim Syiah. Imam Hussein dan Imam Abas terbunuh dalam pertempuran Tuff di Karbala pada tahun 684.(DOR)

Tidak ada komentar: