Senin, 03 Maret 2008

Hari Ini, Harga BBM Nonsubsidi Naik


PT Pertamina (Persero), Sabtu (1/3), kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi. Pertamax, pertamax plus, pertamax dex, serta bio pertamax naik sebesar Rp 350 per liter. Kenaikan tertinggi terjadi pada solar.

Sedangkan harga BBM nonsubsidi untuk industri naik antara 3,2 hingga 6,5 persen. Kenaikan harga bbm nonsubsidi ini tak berlaku untuk sektor rumah tangga, usaha kecil, transportasi, pelayanan umum, serta bahan bakar bagi kapal luar negeri. Kenaikan ini tak bisa lagi dihindari akibat harga minyak mentah dunia yang terus melambung.

Naiknya harga BBM nonsubsidi untuk industri menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia Jimanto bakal kembali memicu naiknya produk hasil olahan industri. "Lima persen saja itu sudah cukup besar bagi kami," kata Jimanto. Sebenarnya, harga produk hasil olahan industri seperti mi dan makanan kaleng sudah naik dalam beberapa hari terakhir.

Kondisi ini memperlihatkan, paket kebijakan stabilisasi pangan yang meliputi beras, terigu, kedelai, dan minyak goreng senilai Rp 13 triliun lebih belum terlihat efektif. Kuatnya pergerakan minyak dunia hingga menyentuh US$ 103 per barel menjadi alasan paket kebijakan fiskal yang diputuskan sejak 1 Februari silam ini tidak mampu menahan gejolak harga.
sumber:liputan 6

Tidak ada komentar: